Smartphone 5 Ponsel dengan layar 90Hz terbaik: Oppo Reno 3...

5 Ponsel dengan layar 90Hz terbaik: Oppo Reno 3 Pro, OnePlus 8, Mi 10, Realme X50 Pro, dan Pixel 4

-

Ponsel dengan layar 90Hz adalah tren baru di industri smartphone. Dalam waktu singkat, fitur ini menjadi sama pentingnya dengan aspek lain dari handset, seperti resolusi layar, chipset, kamera, baterai, dan konfigurasi. Kecepatan refresh 90Hz yang tinggi (atau lebih) berarti pengguliran yang lebih halus dan animasi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan panel rata-rata refresh rate 60Hz, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Panel 90Hz telah ada untuk sementara waktu – di monitor atau ponsel gaming – tetapi tidak pernah pada smartphone mainstream. Seandainya OnePlus tidak memperkenalkan ponsel dengan layar 90Hz, mungkin kita masih berkutat dengan smartphone yang memiliki kecepatan refresh yang lebih rendah.

Apakah yang dimaksud dengan Ponsel dengan layar 90Hz (atau 120Hz)?

Ada bermacam-macam smartphone layar 90Hz atau 120Hz yang cukup besar di luar sana, tetapi sebelum kita membahasnya, inilah penjelasan singkat tentang teknologi tersebut. 90Hz atau 120Hz adalah kecepatan refresh di mana suatu gambar digambar ulang di layar. Menampilkan dengan kecepatan refresh 90Hz membuat gambar 90 kali per detik, sedangkan kecepatan refresh 120Hz akan menampilkan gambar pada 120 kali per detik.

Semakin tinggi refresh rate, semakin kecil blur gerakan dan semakin baik kualitas gambar. Bagaimana pengaruhnya terhadap pengalaman Anda? Tampilan seperti itu menawarkan animasi yang lancar dan Anda akan senang menelusuri laci aplikasi, gambar, halaman web, dll. Satu-satunya kelemahan dari refresh rate yang tinggi adalah ia mengkonsumsi lebih banyak baterai.

Selain itu, meskipun kecepatan refresh layar dan Touch Refresh Rate saling terkait, keduanya tidak sama. Yang terakhir pada dasarnya adalah kecepatan di mana layar mendaftarkan sentuhan Anda dan merespons dengan set rendering berikutnya dalam animasi. Jika Touch Refresh Rate dan refresh rate layar sama – katakan 60Hz atau 90Hz, animasi akan dirender dalam satu interval.

Namun, jika kecepatan refresh sentuh sedikit lebih tinggi dari kecepatan layar, maka animasi akan berubah dan pengalaman keseluruhan akan meningkat. Apple iPhone 11 series misalnya, memiliki kecepatan refresh 60Hz dan kecepatan respons sentuh 120Hz. Khususnya, hanya aplikasi dan video yang kompatibel akan tampak lebih lancar dan mulus pada tampilan 90Hz dibandingkan dengan tampilan 60Hz. Tidak ada cara asli untuk memaksa aplikasi berjalan pada kecepatan refresh 90Hz atau 120Hz.

Daftar Ponsel dengan layar 90Hz terbaik

1. OPPO Reno 3 Pro

Oppo Reno 3 Pro salah satu ponsel dengan layar 90Hz terbaik

Smartphone Chinese Reno 3 Pro adalah tawaran lain dari merek serupa pada tahun 2019 yang mengemas layar refresh rate lebih tinggi. Handset ini memiliki layar OLED 90Hz 6,5 inci dengan resolusi Full-HD + dan lubang untuk kamera selfie di sudut kiri atas layar. Layar juga memiliki pemindai sidik jari optik untuk keamanan, dukungan HDR 10+, dan rasio screen-to-body sebesar 92,1 persen.

OPPO Reno 3 Pro menawarkan konektivitas 5G dan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 765G gaming terbaru. Chipset ini dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan 256 GB. Ponsel ini memiliki pengaturan kamera-quad 48MP dan sensor 32MP di kamera depan untuk selfie. Reno 3 Pro menjalankan ColorOS 7 berbasis Android 10 dan memiliki baterai 4.025mAh dengan pengisian cepat VOOC 4.0 30W.

2. OnePlus 8

OnePlus 8 Ponsel dengan layar 90Hz terbaik

Saat OnePlus 8 Pro menampilkan layar 120Hz yang mencengangkan, OnePlus 8 menampilkan layar 90Hz – yang tidak terlalu buruk. Handset ini merupakan penawaran unggulan yang terjangkau dari merek ini  yang menggantikan seri OnePlus 7T dari tahun lalu. OnePlus 8 hadir dengan bentuk yang sama dengan pendahulunya, berkat layar Full-HD + Fluid AMOLED 6,55 inci yang memiliki lubang-lubang untuk kamera selfie, bukan waterdrop notch. Handset ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 865 SoC dan memiliki baterai berkekuatan 4.300 mAh dengan dukungan Warp Charge 30T.

Dalam optik, OnePlus 8 memiliki kamera belakang tiga kali lipat dengan sensor utama 48MP, sensor makro 2MP, dan sudut ultra lebar 16MP. Kamera depan ponsel ini memiliki fitur 16MP shooter untuk selfie dan panggilan video. Handset menjalankan Android 10 berbasis OxygenOS di luar kotak dengan Dark Theme 2.0.

3. Mi 10

Mi 10 Pro juga salah satu ponsel dengan layar 90Hz terbaik

Mi 10 adalah produk unggulan Xiaomi yang menawarkan tampilan penuh HD + AMOLED 6,67 inci yang melengkung dengan kecepatan refresh 90Hz. Handset ini ditenagai oleh sepotong silikon terbaik Qualcomm hingga saat ini, Snapdragon 865 SoC, ditambah dengan modem 5G, GPU Adreno 650, RAM hingga 12GB, dan penyimpanan 512GB. Ponsel ini dilengkapi dengan OS Android 10 dengan MIUI 11 custom skin overlay di atas, di bagian depan fotografi, kamera belakang sport 108MP quad. Pengaturan terdiri dari 108MP Samsung HM1 sensor utama, 13-megapiksel ultra-lebar, makro 2-megapiksel dan sensor kedalaman 2-megapiksel.

Mi 10 dilengkapi dengan penembak kamera depan 20MP di dalam lubang di kiri atas untuk selfie dan panggilan video. Seluruh pengaturan digerakkan oleh baterai 4,789mAh dengan pengisian cepat 30W. Mi 10 dijadwalkan diluncurkan di Indonesia pada 8 Mei. Handset baru-baru ini memulai debutnya secara global di Eropa bersama Mi 10 Pro, yang menawarkan spesifikasi yang sama dengan vanilla Mi 10. Satu-satunya perbedaan yang menonjol adalah kamera belakang 108MP quad sedikit ditingkatkan dan baterai 4.500mAh dengan 50W dukungan pengisian cepat.

4. Realme X50 Pro

Realme X50 pro merupakan salah satu ponsel dengan layar 90Hz terbaik

Realme X50 Pro adalah penawaran unggulan tahun 2020 dari mantan sub-merek Realme OPPO yang mengemas tampilan kecepatan refresh 90Hz. Handset diluncurkan di Indonesia pada bulan Februari sebagai smartphone 5G pertama di negara ini. Itu dimungkinkan berkat Qualcomm Snapdragon 865 SoC yang berdetak di inti X50 Pro. Handset menampilkan layar Super AMOLED 6,44 inci full-HD + (2400 × 1080 piksel) yang dibuat oleh Samsung yang mendukung kecepatan refresh tinggi, selain HDR 10+, kecerahan 1000+ nits, dan sensor sidik jari dalam layar.

Realme X50 Pro juga dilengkapi dengan RAM LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan internal 256GB. Ponsel ini dikirimkan dengan Realme UI berbasis Android 10 untuk mengurus perangkat lunak dan baterai 4.200mAh dengan teknologi pengisian cepat SuperWart 65W melalui port USB Type-C. Handset ini memiliki pengaturan kamera quad-belakang dengan sensor utama sudut lebar utama 64MP, kamera makro dengan lebar makro 8MP, lensa telefoto 12MP dengan dukungan zoom 20x, dan kamera potret 2MP. Di muka, Realme X50 Pro mendapatkan sensor utama Sony IMX 616 32MP dan lensa ultra-wide-angle 8MP yang ditempatkan dalam guntingan berbentuk pil.

5. Pixel 4 series

Google pixel 4 juga merupakan salah satu ponsel dengan layar 90Hz terbaik

Meskipun seri Pixel 4 tidak datang ke Indonesia, ponsel ini adalah salah satu smartphone di luar sana dengan layar 90Hz. Tampilan sport Pixel 4 dan Pixel 4 XL dengan refresh rate yang tinggi. Handset adalah flagships terbaru dari Google yang menjalankan Android 10 dan fitur kamera belakang ganda dengan lensa telefoto khusus.

Jajaran Pixel 4 juga dilengkapi sensor radar Soli untuk mendeteksi keberadaan dan gerakan serta pengenalan wajah Anda. Handset ini digerakkan oleh platform mobile Snapdragon 855 yang dipasangkan dengan 6GB RAM dan 64GB / 128GB onboard storage. Sementara Pixel 4 memiliki layar 5,7 inci dan baterai 2,700mAh, versi XL menampilkan layar QHD + 6,3 inci dan baterai 3,700mAh.

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Cara Menghapus Akun WhatsApp

Pernah merasa bahwa Anda hanya bosan dengan semua spam yang Anda dapatkan di WhatsApp dan ingin mengetahu cara menghapus...

Microsoft memamerkan Start Menu baru Windows 10

Kami telah mendengar tentang Menu Start Windows 10 yang dirancang ulang untuk beberapa waktu. Sekarang, Microsoft telah memberi kita...

Microsoft menutup semua toko fisik

Microsoft kini telah memilih untuk menutup semua toko fisiknya di seluruh dunia. Menurut perusahaan, tidak ada pemecatan yang akan dilakukan...

Youtube sedang menguji coba format video pendek pada Android dan iOS yang mirip dengan TikTok

YouTube sedang menguji fitur baru pada aplikasi selulernya yang memungkinkan pengguna membuat dan mengunggah klip pendek berdurasi 15 detik,...

Microsoft Edge: Adblockers menyebabkan masalah dengan video Youtube

Beberapa pengguna Edge yang menggunakan adblockers (pemblokir iklan) saat ini tampaknya mengalami masalah dalam memutar video YouTube. Bug terjadi pada semua...

Cara merubah mode gelap google search di Android

Google sedang menguji mode gelap khusus untuk halaman hasil mesin pencari. Mode gelap sedang diuji di browser Chrome di Android,...

Must read

Cara Menghapus Akun WhatsApp

Pernah merasa bahwa Anda hanya bosan dengan semua spam...

Microsoft memamerkan Start Menu baru Windows 10

Kami telah mendengar tentang Menu Start Windows 10 yang...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you