Bisnis Antara Google Drive vs Dropbox bagus mana?

Antara Google Drive vs Dropbox bagus mana?

-

Google Drive dan Dropbox adalah dua opsi penyimpanan cloud yang populer. Anda dapat menggunakan kedua platform ini untuk mengakses file Anda dari mana saja, berbagi dokumen dan membuat salinan cadangan dari data vital Anda. Jika Anda ingin tahu cara kerjanya dan kesamaannya, kami telah membuat panduan yang akan menunjukkan kepada Anda perbedaan dalam hal harga, fungsi sinkronisasi, cara berbagi, keamanan dan ruang, baik dalam paket gratis maupun berbayar.

Penyimpanan gratis

Dropbox dan Google Drive keduanya menawarkan ruang penyimpanan gratis bagi mereka yang ingin mencoba layanan mereka masing-masing sebelum menghabiskan beberapa dolar sebulan untuk sesuatu yang lebih ekspansif dan permanen. Google Drive gratis hadir dengan ruang penyimpanan sebesar 15GB, sedangkan penawaran awal gratis Dropbox hanya 2GB.

Meskipun itu memberi Google keunggulan yang mencolok di bagian ini, Dropbox menawarkan beberapa cara untuk meningkatkan ruang penyimpanan gratis Anda. Pengguna akun gratis dapat mendapatkan ruang tambahan sebesar 500 MB jika pengguna akun gratis dapat mengajak seseorang untuk menggunakan layanan mereka, atau mereka dapat menulis pesan singkat tentang mengapa mereka senang menggunakan Dropbox dan mereka akan mendapatkan tambahan ruang penyimpanan sebesar 125 MB, dalam kedua kasus, penyimpanan maksimum yang dapat mereka dapatkan adalah sebesar 16 Gb.

Meskipun ruang penyimpanan tambahan yang didapat membuat Dropbox menawarkan lebih banyak ruang penyimpanan lebih besar daripada Google Drive, namun bukan tugas yang mudah untuk merujuk teman. Di dunia sekarang ini, kebanyakan orang yang menginginkan penyimpanan cloud sudah memilikinya. Sangat menyenangkan bahwa Dropbox memiliki opsi itu, tetapi pada akhirnya, penyimpanan Google Drive gratis merupakan pilihan yang lebih baik.

Penyimpanan premium

Jika Anda ingin menyimpan sesuatu di luar beberapa gigabytes, tidak masalah solusi penyimpanan cloud mana yang Anda pilih, namun Anda harus membayar untuk itu. Google Drive dan Dropbox menawarkan layanan berlangganan premium, memberi Anda lebih banyak ruang penyimpanan yang dapat diakses darimana saja untuk digunakan. Pertanyaannya adalah, paket manakah yang terbaik?

Untuk pengguna pribadi, Dropbox memiliki struktur harga yang berbeda antara perorangan dengan perusahaan dalam penawaran penyimpanan premiumnya. Akun Dropbox Plus menawarkan ruang 2TB, yang menambahkan penghapusan data perangkat jarak jauh dan otentikasi dua faktor (yang sangat penting untuk menjaga keamanan file saat ini).

Google drive vs dropbox bagus mana, Pilihan harga pada paket personal Dropbox

Ini akan dikenakan biaya $ 100 dolar per tahun atau $ 9,9 dolar per bulan. Juga, ada opsi akun Profesional, yang seharga $ 16,58 dan menawarkan ruang penyimpanan 3 TB plus tanda air, kontrol tautan bersama, dan fitur yang lebih bermanfaat.

Untuk pengguna tim dan bisnis, Dropbox juga menawarkan dua jenis akun: Standard dan Advanced, yang memiliki waktu pemulihan file tambahan, enkripsi internal, dan beberapa fitur tambahan lainnya.

Google Drive vs Dropbox bagus mana, Pilihan harga paket bisnis standar dan advanced pada dropbox

Akun Standar terbatas pada penyimpanan 5TB sebesar $ 12,50 per bulan, akun Lanjutan hampir tidak terbatas dan menawarkan ruang sebanyak yang diperlukan. Namun, itu jauh lebih mahal, karena Anda akan membayar $ 20 dolar per pengguna, per bulan, ketika dibayar setiap tahun, atau $ 25 dolar per bulan terus menerus.

Mereka juga datang dengan sejumlah opsi untuk manajemen tim, termasuk opsi penagihan, manajemen, akses API ke mitra, dan segala hal lain yang diperlukan layanan cloud di tingkat perusahaan.

Google Drive, di sisi lain, hanya menawarkan tiga tingkat harga utama setelah opsi gratis, semua umumnya disebut Google One. Yang pertama adalah paket $ 2 per bulan atau Rp. 26.000 yang menyediakan 100 GB, akses ke pakar Google, dan kemampuan untuk menambah anggota keluarga.

Google Drive vs Dropbox bagus mana

Yang kedua adalah opsi $ 3 dolar per bulan untuk 200 GB yang mencakup manfaat di atas ditambah diskon untuk Google Store dan, akhirnya, tingkat profesional 2 TB untuk $ 10 dolar per bulan, yang memberi Anda diskon lebih besar.

Sekarang ada opsi tambahan untuk Google Drive, hingga 30TB seharga $ 300 per bulan. Namun, ini fokus pada pengguna tingkat perusahaan, dan manfaat lainnya.

Pada akhirnya, Google Drive dan Dropbox memiliki keunggulan dalam hal penentuan harga. Jika ruang 100 GB cukup untuk Anda, opsi $ 2 per bulan Google Drive adalah pilihan terbaik. Ini juga memiliki lebih banyak opsi untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Namun, Dropbox Business Pack menawarkan ruang penyimpanan tanpa batas hanya dengan $ 75 sebulan, yang merupakan ruang yang jauh lebih banyak dan lebih sedikit uang, daripada penawaran Google Drive terbaik.

Sinkronisasi file

Dropbox dapat menyinkronkan file di beberapa perangkat dan sistem operasi, termasuk semua platform utama desktop dan seluler. Menurut publikasi Cloudwards dalam perbandingannya, kompatibilitas dengan Linux dan “sinkronisasi cerdas” membedakan Dropbox dari pesaing, karena hanya perubahan yang disinkronkan, bukan seluruh file atau folder.

Sebagai perbandingan, sinkronisasi Google Drive mendukung beberapa perangkat dan sistem operasi, meskipun tidak didukung secara asli oleh Linux. Ada beberapa solusi untuk melakukan ini, tetapi ini bukan platform sinkronisasi file yang didukung secara resmi.

Meskipun memungkinkan Anda memilih file tertentu untuk disinkronkan, namun itu tidak mendukung sinkronisasi perubahan file, dan sering disebut sebagai sinkronisasi “blok level”. Itu berarti Anda harus memuat ulang atau mengunduh seluruh file untuk menyinkronkannya.

Berbagi File

Berbagi file sangat penting bagi banyak klien penyimpanan cloud karena membuatnya sangat mudah untuk mengirim file atau folder berukuran besar ke sekelompok orang.

Google Drive memungkinkan Anda berbagi file dan folder melalui aplikasi seluler atau di antarmuka browser web, dengan tautan langsung atau opsi untuk mengakses mitra tepercaya Anda melalui email.

Ini juga menawarkan kesempatan untuk memberikan izin melihat dan mengedit kepada mereka yang Anda bagikan, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kekuatan yang mereka miliki. Satu-satunya downside adalah bahwa, tanpa kata sandi atau tanggal kedaluwarsa pada tautan tersebut, mereka menghadirkan masalah keamanan yang mungkin terjadi jika Anda tidak memindahkan file atau folder yang Anda bagikan di masa depan.

Dropbox menawarkan fleksibilitas yang sama dimana Anda dapat menentukan folder dan file yang ingin Anda bagikan. Namun, pemegang akun bisnis dan profesional dapat menetapkan kata sandi dan tanggal kedaluwarsa pada tautan, yang membantu melindungi data Anda dalam jangka panjang.

Anda juga dapat mengatur izin edit untuk pengguna. Fungsi Showcase- nya juga merupakan sentuhan yang bagus untuk pengguna profesional, karena memungkinkan mereka untuk membuat halaman portofolio dengan Dropbox Media.

Halaman share Dropbox memudahkan untuk melihat folder dan file apa yang Anda sediakan untuk orang lain. Pada akhirnya, dropbox mengkombinasikannya dengan perlindungan keamanan yang lebih baik untuk data pengguna, menjadikan Dropbox pilihan terbaik.

Opsi dukungan dan produktivitas eksternal

Google Drive dapat dengan cepat menyimpan dan membagikan lampiran Gmail, menggandakan gambar yang disimpan dengan Google Photo, dan memfasilitasi kolaborasi melalui rangkaian yang berisi pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi.

Chrome Web Store juga memiliki lebih dari 100 aplikasi pihak ketiga yang kompatibel untuk Google Drive, memberikan solusi penyimpanan cloud jauh lebih besar daripada potensi beberapa pesaingnya.

Dropbox telah mengembangkan produk dan kemitraannya sendiri. Pengguna pribadi dapat menikmati kemitraan dengan Microsoft yang memungkinkan dokumen Office dibuka dan diedit dari Dropbox, menjadikan kolaborasi ini lebih mudah.

Pengguna bisnis dapat menggunakan dan berbagi visualisasi PDF terintegrasi dengan Adobe dan pesan real-time melalui Slack. Platform DBX mereka membantu mengintegrasikan dengan sejumlah besar layanan seperti Autodesk dan Okta dan banyak lagi.

Pengguna profesional mendapatkan akses API tanpa batas ke mitra keamanan, produktivitas, dan transportasi data untuk membantu membangun solusi unik mereka berdasarkan persyaratan bisnis mereka.

Selain itu, Dropbox telah menambahkan aplikasi miliknya selama bertahun-tahun untuk bersaing dengan Google secara lebih langsung. Aplikasi yang termasuk didalamnya adalah Dropbox Spaces untuk kolaborasi tim virtual, Dropbox Paper untuk membuat konten, dan Dropbox Transfer untuk mengirim file besar dengan aman.

Secara khusus, layanan ini juga baru- baru ini meluncurkan aplikasi desktop baru untuk merakit semua layanannya menjadi antarmuka yang lebih bersih yang membuatnya lebih dapat digunakan dan mengintegrasikan Dropbox lebih lengkap dengan kemampuan sistem operasi.

Dropbox telah menempuh perjalanan panjang, dan sekali lagi lebih bersahabat dengan perusahaan tingkat perusahaan atau kompleks. Meski begitu, juga sangat nyaman bagi Google untuk menyimpan semua yang ada di keluarga Google. Tergantung pada apa yang Anda butuhkan.

Keamanan dan Privasi

Dalam dunia setelah pengungkapan yang dilakukan oleh Snowden, fitur keamanan dan privasi ini merupakan pertimbangan kritis bagi banyak pelanggan penyimpanan cloud untuk memastikan bahwa data jarak jauh dan privasi mereka dilindungi.

Google Drive

Google Drive menawarkan fitur keamanan yang sebanding, meskipun menggunakan enkripsi AES 256-bit dengan file saat sedang digunakan, dan enkripsi AES 128-bit saat idle. Google Drive juga mendukung otentikasi dua faktor dan fitur identitas di cloud untuk bisnis. Yang merupakan standar seperti: ISO 27017, PCI DSS, FedRAM, FISC Compliance dan banyak lagi. Anda dapat memeriksa daftar lengkapnya di sini.

Dropbox

Dropbox menawarkan keamanan dengan mengenkripsi data Anda saat file sedang digunakan dengan standar AES 128-bit, dan ketika diamatau idle, dengan AES 256-bit.

Dropbox juga menawarkan otentikasi dua faktor untuk mengenkripsi file, dan mencegah pengguna yang tidak sah mengaksesnya. Pelanggan yang membayar dapat menghapus file sinkronisasi dari jarak jauh jika mereka kehilangan perangkat yang bisa digunakan untuk mengaksesnya.

Akses ke versi sebelumnya memungkinkan Anda untuk mengganti file yang diperbarui dalam periode waktu yang berbeda, tergantung pada paket Anda, menawarkan beberapa ukuran perlindungan terhadap ransomware.

Dropbox memiliki beberapa standar keamanan dan privasi, tetapi lebih sedikit dari sertifikasi AS dan Uni Eropa, dan hosting data di Eropa.

Mereka juga sedikit lebih jujur ​​tentang memperjuangkan permintaan yang terlalu luas untuk data pemerintah, meskipun mereka tidak dapat menjamin bahwa permintaan tertentu akan dihormati.

Secara umum, Google Drive memiliki sedikit keuntungan di sini karena keterbukaan dan kejelasannya pada jumlah sertifikasi yang dipenuhi, baik secara nasional maupun internasional.

Namun, Dropbox memiliki spesialisasi data sendiri, terutama untuk perusahaan yang beroperasi di Eropa. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang itu, Anda dapat mendekatinya dan memintanya ke area dukungan.

Dropbox memenangkan lomba ketat ini

Menghadapkan Google Drive dengan Dropbox selalu menjadi pertandingan yang sibuk (dan sekarang lebih ketat daripada tahun-tahun sebelumnya), karena keduanya menawarkan beberapa fitur penyimpanan cloud terbaik yang tersedia saat ini.

Kedua layanan memiliki versi yang dapat diupgrade gratis dan berbayar serta perlindungan konsumen yang kuat dan kemampuan berbagi file yang hebat.

Dropbox sedikit lebih diunggulkan, karena ia menawarkan ruang penyimpanan sedikit lebih banyak daripada Google Drive, terutama untuk pengguna tingkat bisnis.

Namun, jika kebutuhan Anda lebih sesuai dengan apa yang ditawarkan Google Drive, maka itu mungkin layanan terbaik untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

5 Hal yang Tidak Anda Ketahui tentang Printer

Banyak dari kita menggunakannya hampir setiap hari dan hanya dalam 30 tahun telah membuat hidup lebih mudah bagi semua...

Apa manfaat Dropbox dan Google Drive?

Manfaat Dropbox dan Google Drive adalah sebagai layanan cloud yang memungkinkan Anda untuk menyimpan file dan gambar secara online,...

Cara Menghapus Akun WhatsApp

Pernah merasa bahwa Anda hanya bosan dengan semua spam yang Anda dapatkan di WhatsApp dan ingin mengetahu cara menghapus...

Microsoft memamerkan Start Menu baru Windows 10

Kami telah mendengar tentang Menu Start Windows 10 yang dirancang ulang untuk beberapa waktu. Sekarang, Microsoft telah memberi kita...

Microsoft menutup semua toko fisik

Microsoft kini telah memilih untuk menutup semua toko fisiknya di seluruh dunia. Menurut perusahaan, tidak ada pemecatan yang akan dilakukan...

Youtube sedang menguji coba format video pendek pada Android dan iOS yang mirip dengan TikTok

YouTube sedang menguji fitur baru pada aplikasi selulernya yang memungkinkan pengguna membuat dan mengunggah klip pendek berdurasi 15 detik,...

Must read

5 Hal yang Tidak Anda Ketahui tentang Printer

Banyak dari kita menggunakannya hampir setiap hari dan hanya...

Apa manfaat Dropbox dan Google Drive?

Manfaat Dropbox dan Google Drive adalah sebagai layanan cloud...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you