Sosial Media Efek sosial media pada kesehatan mental pada masa pandemi...

Efek sosial media pada kesehatan mental pada masa pandemi corona

-

Apa efek sosial media pada kesehatan mental pada masa pandemi corona? Terutama bagi pengguna yang terlalu banyak bersosial media.

Ketika upaya menjaga jarak sosial tetap berlanjut dan jutaan orang masih dalam isolasi, mustahil untuk melarikan diri dari berita dan informasi terkait virus corona. Berita ini memimpin siaran berita malam, mengisi jam-jam berita kabel yang sepertinya tak ada habisnya; dan dibahas oleh setiap ketua, pakar politik dan bahkan komedian larut malam. Virus corona juga terus mendominasi media sosial, yang tetap menjadi tempat banyak orang beralih ke media berita – tetapi haruskah mereka melakukannya?

Media sosial tetap dipenuhi dengan informasi yang salah tentang virus corona yang sangat menular. Jelas juga bahwa tidak semuanya harus dipercaya di media sosial, semakin banyak orang yang beralih ke sumber berita terkait COVID-19.

Menurut sebuah studi baru dari Flixed, hampir satu dari enam orang di Amerika sekarang menggunakan YouTube sebagai platform utama mereka untuk berita tentang penyakit ini; sementara Facebook masih tetap menjadi platform media sosial nomor satu diikuti oleh Twitter sebagai platform media sosial tempat orang mencari informasi tentang penyakit tersebut.

“Konsumsi berita telah meningkat selama pandemi, kami melihat lompatan setidaknya 15 menit sehari berdasarkan penelitian kami,” kata Matt Gillespie, ahli strategi kreatif pada proyek untuk Flixed.

Untuk seperempat abad terakhir, Internet komersial telah berfungsi sebagai platform untuk bertukar / menyebarkan informasi dengan sedikit kontrol. Seperti yang telah kita lihat selama beberapa tahun terakhir, aktor jahat, organisasi, dan bahkan negara telah menggunakannya untuk menyebarkan informasi yang salah.

Penyebaran informasi yang salah dan bahkan “disinformasi” tidak akan berhenti dalam waktu dekat. YouTube berjanji awal pekan ini untuk memperluas upaya pemeriksaan fakta untuk menghentikan penyebaran informasi yang salah.

YouTube Google, Facebook, Twitter dan perusahaan platform sosial lainnya semakin banyak diminta untuk mengambil peran apa yang menjadi peran ombudsman di dunia penerbitan yang dituduh mencari-cari kesalahan dan kepalsuan.

Efek Sosial Media pada Kesehatan Mental

Dalam kasus “terlalu banyak informasi,” semua waktu yang dihabiskan untuk mencari berita tentang COVID-19 di media sosial telah mempengaruhi kesehatan mental pengguna. Semakin banyak waktu yang dihabiskan individu di media sosial sejak wabah semakin menjadi buruk kesehatan mental mereka.

Dari mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu di Reddit, studi Flixed mencatat bahwa 57,6% mengatakan kesehatan mental mereka secara keseluruhan lebih buruk, sementara hanya 22,6% mengatakan lebih banyak waktu yang dihabiskan membaca tentang COVID-19 menemukan kesehatan mental mereka menjadi lebih baik.

Membatasi jumlah waktu dalam bersosial media, terutama yang berkaitan dengan coronavirus, juga berdampak positif. Flixed menemukan bahwa dari 43% orang yang mengatakan mereka menetapkan batas waktu jumlah berita COVID-19 yang mereka konsumsi, mereka melaporkan kondisi kesehatan mental yang lebih baik.

Salah satu masalah adalah bahwa ketika orang terisolasi secara fisik ada keinginan untuk beralih ke layar smartphone untuk mencari informasi. Hal ini pada gilirannya dapat mengarah pada berita dan informasi tentang pandemi.

Secara keseluruhan, mereka yang melaporkan kesehatan mental yang stabil atau membaik juga tampaknya lebih proaktif dalam menetapkan batasan pada jumlah berita terkait pandemi yang mereka konsumsi.

Sejumlah penelitian telah menyarankan bahwa efek sosial media pada kesehatan mental adalah menjadikan seseorang itu sangat adiktif sehingga saran yang paling efektif untuk menjaga kesehatan mental Anda adalah menghapus aplikasi sosial media di smartphone anda.

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

5 Hal yang Tidak Anda Ketahui tentang Printer

Banyak dari kita menggunakannya hampir setiap hari dan hanya dalam 30 tahun telah membuat hidup lebih mudah bagi semua...

Apa manfaat Dropbox dan Google Drive?

Manfaat Dropbox dan Google Drive adalah sebagai layanan cloud yang memungkinkan Anda untuk menyimpan file dan gambar secara online,...

Cara Menghapus Akun WhatsApp

Pernah merasa bahwa Anda hanya bosan dengan semua spam yang Anda dapatkan di WhatsApp dan ingin mengetahu cara menghapus...

Microsoft memamerkan Start Menu baru Windows 10

Kami telah mendengar tentang Menu Start Windows 10 yang dirancang ulang untuk beberapa waktu. Sekarang, Microsoft telah memberi kita...

Microsoft menutup semua toko fisik

Microsoft kini telah memilih untuk menutup semua toko fisiknya di seluruh dunia. Menurut perusahaan, tidak ada pemecatan yang akan dilakukan...

Youtube sedang menguji coba format video pendek pada Android dan iOS yang mirip dengan TikTok

YouTube sedang menguji fitur baru pada aplikasi selulernya yang memungkinkan pengguna membuat dan mengunggah klip pendek berdurasi 15 detik,...

Must read

5 Hal yang Tidak Anda Ketahui tentang Printer

Banyak dari kita menggunakannya hampir setiap hari dan hanya...

Apa manfaat Dropbox dan Google Drive?

Manfaat Dropbox dan Google Drive adalah sebagai layanan cloud...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you